4 Manfaat Cuci Muka di Malam Hari Sebelum Tidur

Home » Artikel » 4 Manfaat Cuci Muka di Malam Hari Sebelum Tidur

cuci-muka

4 Manfaat Cuci Muka di Malam Hari Sebelum Tidur

Mencuci wajah setiap hari adalah bagian penting dari kebersihan wajah dan kebersihan diri. Itu karena mencuci muka dapat membantu membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran, riasan, sel kulit mati, dan minyak berlebih pada kulit Anda (via Self ).

Banyak pembersih wajah bahkan dapat membantu mengurangi peradangan dan mengobati serta mencegah kondisi kulit seperti jerawat.

Pentingnya Cuci Muka
Dilansir dari bustle, idealnya, Anda harus mencuci muka dua kali sehari yakni pagi dan malam sebelum tidur. Namun, mencuci muka di malam hari sangat penting, terutama jika Anda memakai riasan. Tidur dengan riasan dapat menyebabkan jerawat dan membuat kulit Anda dehidrasi.

Belum lagi, semua riasan, kotoran, dan minyak di wajah Anda bisa terhapus di bantal dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Meskipun lupa untuk mencuci muka satu kali bukanlah akhir dari dunia, Anda harus berusaha untuk mencuci muka setiap malam jika Anda bisa.

“Hidup terkadang terjadi, jadi menjalani hari tanpa mencuci muka tidak akan merusak kulit Anda sepenuhnya. Tetapi membuat kebiasaan buruk untuk tidak melakukannya hampir setiap hari menyebabkan serangkaian hasil buruk pada kesehatan kulit Anda,” kata dr. Adeline Kikam, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri Brown Skin Derm.

Lebih lanjut ia mengatakan, terus-menerus tidak mencuci muka di malam hari dapat menyebabkan kekeringan, berjerawat, eksim, dan penuaan dini.

Lantas apa manfaat mencuci muka di malam hari sebelum tidur?

  1. Memberikan nutrisi pada kulit
    Manfaat cuci muka di malam hari sebelum tidur pertama adalah memberi nutrisi pada kulit. Menurut ahli kulit di New York, Dennis Gross, M.D saat tidur kulit akan mengalami pembelahan sel un memperbaharui lapisan yang terdapat di dalamnya.

Saat malam sel kulit membutuhkan nutrisi yang memberikan manfaat antipenuaan, jika kulit kotor, hal ini tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk membasuhnya sebelum tidur.

  1. Mencegah Munculnya Jerawat
    Manfaat cuci muka di malam hari sebelum tidur kedua adalah mencegah munculnya jerawat. Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat.

Cuci muka di malam hari membebaskan pori-pori kulit dari sumbatan dan menghilangkan semua kotoran dari wajah Anda yang dapat menyebabkan munculnya bakteri. Membiarkan makeup tetap menempel di wajah hingga tertidur juga berisiko dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti komedo dan noda hitam.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit
    Manfaat cuci muka sebelum tidur selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan sehat. Pada siang hari, kulit kita tentunya telah terpapar oleh debu, polusi, hingga sinar UV yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya kulit kering.

Dengan mencuci muka sebelum tidur, artinya Anda telah membersihkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kadar air yang dimiliki oleh kulit wajah agar tetap lembap.

  1. Mencegah infeksi mata
    Manfaat cuci muka di malam hari sebelum tidur keempat adalah mencegah infeksi pada mata. Terbiasa tidak mencuci wajah pada malam hari ternyata memengaruhi kesehatan mata. Mengapa demikian? Menurut dr. Eric Schweiger, seorang ahli dermatologi dari New York kepada Huffpost, ada beberapa efek samping yang bisa muncul.

Misalnya, tidak menghapus produk kecantikan maskara atau eyeliner sebelum tidur dapat menyebabkan infeksi mata. Pasalnya, riasan mata ini bisa masuk ke mata saat Anda misal menggosok mata ketika tidur.

Akibatnya, mata Anda lebih berisiko terkena iritasi dan menyumbat folikel rambut dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Jika terjadi, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan peradangan yang bisa menimbulkan benjolan kecil di kelopak mata.

Itulah beberapa manfaat cuci muka di malam hari sebelum tidur. Yuk, biasakan cuci muka kamu rutin di pagi hari dan malam hari agar kulit tetap terjaga.

Artikel ini telah tayang di Womanindonesia.co.id, tanggal 2 September 2022
Dengan judul : 4 Manfaat Cuci Muka di Malam Hari Sebelum Tidur,
Sumber Link : https://www.womanindonesia.co.id/manfaat-cuci-muka-di-malam-hari
Penulis : WI Team

Posted in